Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, April 28, 2017

author photo
Jenis Makanan Sehat Pencegah Gigi Berlubang

Jenis Makanan Pencegah Gigi Berlubang. Salah satu masalah gigi yang paling sering kita jumpai adalah gigi berlubang. Memang hal ini bukanlah hal yang mematikan, namun akan sangat mengganggu penampilan dan kesehatan mulut.

Gigi berlubang bisa dialami oleh siapa saja, tanpa padang bulu. Baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga manula. Pada umumnya, gigi berlubang disebabkan oleh aktivitas bakteri di dalam mulut yang merusak gigi.

Baca : Resep Obat Sakit Gigi Berlubang

Konsumsi makanan manis juga merupakan salah satu penyebab yang paling sering membuat gigi berlubang. Pada umumnya, gigi berlubang akan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya, sehingga segala aktivitas yang anda lakukan akan terganggu.

Mungkin anda telah berulang kali diingatkan untuk menjaga kesehatan gigi anda, baik oleh orang tua anda ataupun berbagai jenis iklan. Namun, kebiasaan yang satu ini sering kali kita lupakan karena berbagai alasan.

Baca : Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Salah satunya adalah malas. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mencegah gigi berlubang. Salah satunya adalah memeriksakan ke dokter gigi secara berkala, dianjurkan setiap 6 bulan sekali. Namun, mengingat biaya dokter gigi yang tidak lagi murah, kita juga telah meninggalkan kebiasaan yang satu ini.

Baca : Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh

Perlu anda ketahui bahwa gigi berlubang jika tidak segera diatasi, maka bisa membuat gigi lain di sekitarnya juga ikut berlubang. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk menyikat gigi, minimal 2 kali sehari.

Makanan Pencegah Gigi Berlubang


Selain itu, ada setidaknya 7 makanan pencegah gigi berlubang yang bisa anda konsumsi. Siapa bilang semua makanan dapat menyebabkan gigi berlubang ? Untuk lebih jelas mengenai 7 makanan pencegah gigi berlubang, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1. Buah yang tidak manis


Kebanyakan dari kita pasti lebih sering mengonsumsi buah yang rasanya manis, seperti anggur, mangga dan lainnya. Hal ini sebenarnya bisa merusak gigi anda. Namun, jika anda mengonsumsi buah yang rasanya tidak manis, maka gigi anda tidak akan berlubang.
Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah buah yang mengandung gula yang rendah, namun kaya akan serat, misalnya buah timun. Meskipun tidak seenak buah lain, namun buah ini tidak akan membuat gigi anda berlubang.

Baca : Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Tubuh

2. Sayuran berserat


Salah satu dari 7 makanan pencegah gigi berlubang adalah sayuran yang mengandung serat. Sayuran seperti wortel dan sayur yang berdaun hijau dapat menjaga kesehatan gigi anda dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

Hal ini karena sayuran tersebut mengandung serat yang banyak dan baik untuk tubuh. Selain itu, serat juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh anda.

3. Biji-bijian


Bagi anda penggemar biji-bijian, tentunya hal ini merupakan kabar baik bagi anda, karena biji-bijian dinyatakan sebagai salah satu dari 7 makanan pencegah gigi berlubang. Biji-bijian yang belum digiling, misalnya beras pecah kulit atau brown rice sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang.

4. Kismis


Memang kismis rasanya manis, namun makanan yang satu ini tidak akan membuat gigi anda berlubang. Mengapa ? Hal ini karena di dalam kismis terkandung senyawa flavonoid dan polifenol yang dapat mengontrol bakteri di dalam mulut, serta memerangi gigi berlubang.

5. Makanan laut


Bagi anda penggemar sea food atau makanan laut, anda tidak perlu khawatir tentang masalah gigi berlubang, karena makanan laut tidak akan membuat gigi anda berlubang. Makanan laut seperti udang dan tiram bahkan mengandung kalsium yang tinggi dan sangat baik untuk memperkuat gigi anda.

6. Permen karet bebas gula


Salah satu jenis permen yang cukup populer di seluruh dunia adalah permen karet. Permen karet yang dianjurkan disini adalah permen karet tanpa gula. Permen karet ini tidak akan menyebabkan gigi anda berlubang.

Selain itu, kegiatan mengunyah permen karet juga bisa merangsang produksi asam yang bisa membentuk lapisan pelindung gigi.

Baca : Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah

7. Daun mint


Daun mint merupakan disinfektan alami. Dengan kata lain, mengunyah daun mint akan menghindari terjadinya gigi berlubang. Selain itu, aktivitas mengunyah daun mint juga bisa memperkuat gigi anda.

Inilah uraian singkat mengenai 7 makanan pencegah gigi berlubang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

1 komentar:

avatar
Peran Makanan dan Gizi Bagi Pasien | Heal​th ​and Hope delete July 25, 2017 at 4:05 AM

[…] Baca juga : Jenis Makanan Pencegah Gigi Berlubang […]

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope