Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, December 2, 2016

author photo
Penyebab Sakit Perut dan Pencegahannya

Penyebab Sakit Perut dan Pencegahannya, Sakit perut atau sering disebut dengan mual, mules, atau mulas merupakan beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketidaknyamanan rasa perut yang diakibatkan oleh gangguan pencernaan.

Penyebab Sakit Perut, Mual


Hyperacidity atau mual disebabkan oleh iritasi lambung atau kerongkongan (tabung yang menghubungkan mulut ke perut). Lapisan perut kita dilindungi dari efek asam lambung yang terlibat dalam proses pencernaan, tetapi beberapa faktor, seperti alkohol, makanan berlemak, kafein, obat-obatan tertentu dan faktor stres, dapat menghancurkan pertahanan dari perlindungan ini.

Ketidaknyamanan yang terjadi pada umumnya berupa sakit maag yang berhubungan dengan makanan, tetapi mungkin terjadi dengan gejala refluks gastroesophageal.

Beberapa faktor lain juga dapat memicu masalah keasaman, seperti kelebihan berat badan dan kehamilan. Orang yang merokok juga lebih mungkin untuk menderita penyakit ini.

Baca :

Penyebab Sakit Perut dan Cara Mengobati


Hindari makanan, minuman dan obat-obatan yang dapat mengiritasi lapisan lambung, seperti:
  • Sangat berminyak atau gorengan
  • Coklat
  • Permen
  • Alkohol
  • Kopi
  • Minuman ringan
  • Saus tomat
  • Mustar
  • Beberapa obat untuk nyeri, misalnya aspirin.

Kurangi porsi makan, menghindari merokok, jika perlu, menurunkan berat badan. Meninggikan tempat tidur kurang lebih 10 cm, di bagian kepala. Cobalah untuk makan malam dua sampai tiga jam sebelum tidur. Selain itu juga hindari pakaian ketat, terutama di sekitar pinggang.

Baca :

Pengobatan Sakit Perut


Tips Meredakan Sakit Perut :

  • Teh hangat (tidak terlalu banyak gula)
  • Biji ketumbar, bawang merah , daun katuk dan buah pinang (campurkan, tumbuk, dan tempelken di perut)

Untuk anak-anak :

  1. Bawang merah
  2. Daun Jarak

Tujuan pengobatan adalah untuk mencegah produksi asam lambung atau menetralkan. Beberapa obat kimia mengurangi jumlah asam yang diproduksi di perut dan membantu mencegah sakit maag. Lainnya menetralkan pH asam lambung dan menghilangkan gejala dengan cepat.

Jika tidak mengetahui dengan pasti sebab terjadinya rasa tidak nyaman dengan perut, justru bisa menimbulkan konsumsi obat yang salah. Kecuali jika anda memang sudah mengenali rasa sakit perut yang muncul berulang kali. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan kimia jika anda berulang kali mengalami rasa sakit perut dan tidak tau penyebabnya.

Baca :

Beberapa antasida memiliki kandungan garam tinggi, sehingga orang dengan penyakit jantung harus menggunakannya dengan hati-hati.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope